Wazapbro.com

Kenali Layanan WhatsApp API Integration dari Wazapbro

Semenjak Wazapbro meluncurkan layanan Broadcast WhatsApp berbasis web beberapa bulan lalu, banyak dari pengguna yang menanyakan mengenai sistem integrasi dengan aplikasi pihak ketiga atau dengan aplikasi milik pengguna sendiri.

Dengan banyaknya permintaan ini, Wazapbro memberikan suplemen baru dalam produk ini yaitu dengan menghadirkan sebuah layanan WhatsApp API Integration, lalu bagaimana layanan ini bisa sampai ke pengguna?

Kenali Layanan WhatsApp API Integration dari Wazapbro

Secara singkat layanan ini merupakan jasa programming untuk membantu pengguna dalam mengintegrasikan layanan Wazapbro dengan aplikasi milik pengguna. misalnya menghubungkan sistem informasi yang membutuhkan triger (pemicu) notifikasi berbasis whatsapp kepada pengguna whatsapp atau aplikasi yang membutuhkan otomatisasi pesan yang perlu dikonfirmasi oleh pengguna whatsapp, seperti OTP dan Proses verifikasi berbasis whatsapp

Hal apa saja yang perlu dipersiapkan pengguna untuk mendapatkan layanan ini?

  1. Pengguna harus dapat menjelaskan arsitektur aplikasi atau sistem informasi yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaanya kepada tim wazapbro sebelum dapat di integrasikan.
  2. Memiliki dokumentasi teknis seperti akses ke database, dan akses-akses aplikasi tertentu yang dibutuhkan, seperti akses ke server maupun ke perangkat-perangkat yang dibutuhkan.
  3. Menyediakan sumber daya server atau VPN yang dapat diakses  secara public untuk dapat di integrasikan dengan Wazapbro. jika belum tersedia infrastruktur yang proper, wazapbro dapat memberikan layanan tambahan berupa cloud / vps server.

Tahap-tahap integrasi WhatsApp API

  1. Pengguna harus menyiapkan daftar triger pesan yang ingin di integrasikan dengan wazapbro beserta otomasi pesan yang akan dilakukan oleh sistem, seperti isi pesan whatsapp, kapan pesan dikirim dan kepada siapa pesan ini dikirim.
  2. Setelah seluruh daftar triger dari pengguna sudah siap, tim wazapbro akan melakukan proses persiapan development integrasi, pada tahap ini, komunikasi intens dengan penggua akan sangat dibutuhkan untuk membantu proses integrasi sistem secara lebih baik.
  3. Kemudian dilakukan UAT (User Acceptence Test) yaitu melakukan tes ujicoba untuk memastikan semua integrasi berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Setelah UAT selesai, tahap terakhir adalah mulai mempersiapkan launching ke server produksi.
  5. Selanjutnya pengguna dapat mengelola dan melakukan pemeliharaan sesuai dengan dokumentasi yang diberikan oleh tim wazapbro.

Apabila saat ini Anda memiliki sistem informasi atau aplikasi yang membutuhkan integrasi dengan WhatsApp API dan Anda tertarik untuk mendapatkan layanan integrasi ini, silakan kunjungi situs utama kami di https://wazapbro.com

Leave a Comment

id Indonesian
X