Wazapbro.com

Memahami Perbedaan WhatsApp, WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi WhatsApp untuk memasarkan sebuah produk, Anda perlu memahami berbedaan mendasar antara WhatsApp, WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. ketiganya ini merupakan tool yang memiliki tujuan yang berbeda dalam penggunaanya.

Dengan total pengguna di indonesia yang mencapai sekitar 68 juta pengguna per 1 januari 2022 dari data whatsapp. pertanyaan yang muncul adalah bisakah sebuah bisnis atau organisasi menggunakan WhatsApp? jawabannya adalah Ya, bisnis dan organisasi bisa menggunakannya dan harus menggunakannya.

Kenapa? karena untuk saat ini WhatsApp merupakan saluran yang paling banyak digunakan untuk komunikasi dengan pelanggan, melakukan transaksi, pemasaran. sehingga dengan demikian Anda dapat menjangkau market atau audien Anda secara langsung di smartphone mereka. karena juga orang-orang sekarang lebih mungkin untuk membuka pesan WhatsApp dibandingkan dengan membuka email.

Ditambah WhatsApp saat ini juga menawarkan berbagai opsi pengiriman pesan untuk kegiatan strategi marketing seperti : pesan interaktif dengan tombol, pesan multimedia, katalog produk, dan QR Code untuk tautan yang dapat dipasang diberbagai media.

Namun, penting untuk memilih jenis akun WhatsApp yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. berikut perbedaan dari WhatsApp, WhatsApp Business dan WhatsApp Business API sehingga Anda dapat memilih mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda.

Perbedaan Utama WhatsApp, WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

WhatsApp Messenger WhatsApp Business WhatsApp Business API
Penggunaan pribadi Pengguna Usaha Kecil Menengah (UKM) Pengguna Bisnis Skala Menengah/Besar
1:1 Pesan (pesan pribadi dari pengguna ke pengguna) Layanan Pelanggan dan Pemasaran skala kecil Pesan Massal (Sistem Broadcast)
Customer Service Management
App, Browser App, Browser Partner Interface
1 Pengguna, 3 Perangkat maksimal (1 phone, 3 desktop) 1 Pengguna, 3 Perangkat Maksimal(1 phone, 3 Desktop) Pengguna dan Perangkat tak terbatas (Unlimited)
Tidak memiliki Fitur Bisnis Profil Bisnis
Katalog Produk
Broadcast (Terbatas)
Auto Reply (Terbatas)
Bergabung di Group Chat
tidak mendukung centang hijau (Green tick)
Profil Bisnis
Katalog Produk
Sistem Broadcast
Pesan Otomatis (Chatbot, pesan transaksional)
tidak dapat bergabung dengan Group chat
Mendapatkan Centang Hijau untuk akun yang resmi.
Kontak dari ponsel yang memiliki akun WA Kontak dari ponsel yang memiliki akun WA Kontak dapat di import dari file excel / csv
Gratis Gratis Berbayar

 

WhatsApp Messenger

whatsapp logo

Aplikasi Whatsapp biasa digunakan untuk komunikasi pribadi. Dapat digunakan secara gratis dan tersedia di perangkat Android dan iOS, seperti pada aplikasi chat lainnya. menerima pesan dari satu pengguna ke pengguna dan juga Group.

Memberikan akses ke kontak ponsel Anda untuk terhubung ke kontak yang memiliki akun WhatsApp. Anda juga dapat melakukan video call dan telepon suara tetapi tidak bisa dilakukan ketika di akses melalui browser. hanya dapat dilakukan di aplikasi ponsel.

Tidak banyak yang bisa dilakukan untuk kebutuhan bisnis di WhatsApp messenger biasa. karena tidak tersedia fitur bisnis. WhatsApp ini bisa digunakan hanya untuk berkomunikasi dengan pengguna sebagai saluran komunikasi pribadi.

WhatsApp Business

WhatsApp business adalah aplikasi yang terpisah yang ditujukan khusus untuk bisnis, Anda bisa membedakannya dengan melihat logo aplikasinya :

whatsapp_business_logo

WhatsApp Business menyediakan fitur bisnis untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan juga mendukung akses menggunakan browser. secara umum memiliki fitur yang sama seperti pada WhatsApp Messenger dalam penggunaan komunikasi pribadi khususnya chat, video call, bergabung di group, dan melakukan penggilan suara.

Apa perbedaan diantara WhatsApp dan Whatsapp Business?

Akun WhatsApp Business tidak sama dengan akun biasa. walaupun di pasang di satu perangkat ponsel yang sama. masing-masing akun harus memiliki nomor yang berbeda.

untuk akun bisnis, Anda dapat menggunakan nomor rumah atau nomor seluler, umumnya jika ponsel Anda memiliki sim card ganda, Anda dapat menggunakannya dalam satu ponsel yang sama.

Kemudian, Anda dapat menambahkan profil bisnis, jam kerja, website, alamat bisnis. dan fitur bisnis lainnya Anda dapat membuat katalog produk untuk menampilkan daftar produk dan layanan Anda termasuk gambar, harga dan link ke toko online Anda, sekaligus Anda juga dapat membagikan link katalog untuk produk tertentu.

Beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan di WhatsApp Business antara lain :

Label Conversation. WhatsApp Business menawarkan fitur dalam mengelola kontak dengan menambahkan label  (misalnya : pelanggan baru, urgent, loyal, komplain). fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menelusuri percakapan dengan kontak tertentu berdasarkan label.

Short Links and QR codes. fitur ini dapat membantu Anda dalam memberikan kontak WhatsApp Business Anda melalui tautan atau dengan kode QR. sehingga pelanggan dapat melakukan scan dan langsung terhubung dengan Anda.

WhatsApp-QR-Codes-for-business
sumber : ShopPop

 

Broadcast. Fitur broadcast pesan yang dapat Anda lakukan untuk mengirimkan pesan kepada kontak yang ada di buku telpon di ponsel Anda, untuk fitur ini Anda hanya boleh mengirim pesan massal ke 256 kontak dalam sekali waktu.

Automated messages. Terdapat 3 jenis fitur pesan otomatis yang tersedia untuk komunikasi bisnis.

  • Greeting messages Anda dapat membuat salam pembuka ketika ada chat pertama yang terhubung dengan akun bisnis Anda.
  • Away messages Anda dapat memberikan pesan otomatis ketika bisnis Anda sedang tidak beroperasi di jam kerja.
  • Quick replies Anda dapat menyimpan pesan yang sering ditanyakan, sehingga Anda tidak perlu lagi mengetik ulang, dengan fitur ini Anda cukup membuatnya dengan sebuah tanda / diikuti nama pesan tersimpan.

Hal Penting Yang Perlu Anda Pahami Tentang WhatsApp Business

  • Aplikasi Gratis untuk digunakan
  • Anda membutuhkan nomor ponsel yang berbeda dengan nomor pribadi Anda. atau gunakan nomor sendiri untuk bisnis Anda.
  • Memiliki solusi fitur bisnis hanya saja terbatas.
  • Cocok digunakan untuk pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah)

Secara singkat, perbedaan utama WhatsApp dan WhatsApp Business adalah WhatsApp digunakan untuk komunikasi pribadi sedangkan untuk WhatsApp Business digunakan untuk komunikasi bisnis dengan fitur bisnis yang dapat membantu pemasaran dan komunikasi pelanggan melalui obrolan.

whatsapp_vs_whatsapp_business_vs_whatsapp_business_api
sumber : meta

WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah sebuah layanan yang berbeda dengan WhatsApp Business App, Jika Anda bertanya apa itu API, API merupakan metode komunikasi yang menghubungkan dua aplikasi atau perangkat lunak yang berbeda sehingga keduanya dapat bekerja bersama.

WhatsApp Business API memberikan akses penuh ke berbagai alat pemasaran berbasis WhatsApp yang ditujukan untuk bisnis skala menengah dan besar.

Secara default WhatsApp Business API tidak memiliki antarmuka sendiri, atau tidak memiliki aplikasi yang bisa di akses seperti pada penggunaan WhatsApp Business App, Whatsapp Business API menggunakan API untuk dapat terhubung. sehingga dapat di integrasikan ke berbagai platform atau perangkat lunak yang mampu bekerja bersama-sama seperti Chat Platform yang tersentralisasi atau Customer Service Management System, Customer Relation Management, Live Chat.

Anda juga dapat menambahkan fitur tambahan untuk membuka peluang baru dalam menggunakan layanan komunikasi pemasaran Anda.

Apa Saja Fitur-Fitur WhatsApp Business API

  • User Access

Tidak sama seperti WhatsApp Business App, dengan menggunakan API Anda dapat terhubung tanpa batas pengguna dan perangkat. sehingga Anda dapat menggunakan API ini sebagai layanan konsumen dan layanan pemasaran lebih efektif.

  • Account Creation

Anda tidak dapat melakukan mendaftarkan secara pribadi untuk memulai menggunakan fitur API ini. Anda dapat mengajukan Account melalui Mitra Whatsapp (Whatsapp Partner) dan memberikan informasi tentang bisnis Anda untuk mendapatkan verifikasi.

Selain itu, Anda juga dapat mengajukan centang hijau untuk nama bisnis Anda pada platform chat, sehingga pelanggan Akan melihat nama bisnis Anda secara langsung tanpa harus menyimpan kontak.

  • Contact Management

Perbedaaan secara lebih mayor diantara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API adalah pengelolaan contact. dengan menggunakan API, Anda dapat melakukan impor dari sistem CRM atau Aplikasi Pelanggan yang Anda miliki untuk dapat disimpan.

Khusus dalam menggunakan WhatsApp untuk pemasaran terdapat dua cara untuk memberikan izin, Pengguna whatsapp mengirim pesan terlebih dahulu ke akun bisnis terlebih dulu, kemudian mereka mengizinkan untuk menerima informasi. sedangkan jika tidak diizinkan, maka akun bisnis tidak bisa mengirimkan pesan melalui API, ini membantu melindungi konsumen ketika mereka tidak ingin mendapatkan pesan di aplikasi.

Tipe pesan yang dapat Anda kirimkan melalui WhatsApp Business API

Pertama, sebagai catatan penting fitur voice dan video call tidak bisa dilakukan ketikan menggunakan API. Anda hanya dapat menampilkan profil bisnis Anda seperti pada di WhatsApp Business App. seluruhnya Anda dapat menggunakan API untuk di integrasikan dengan layanan perpesanan seperti email dan lainnya.

Jadi apa perbedaan diantara Whatsapp Business dan WhatsApp Business API?

  • Session messages

Seseorang (customer, lead, contact) memulai sebuah chat dengan akun bisnis. Anda dapat memiliki waktu 24 jam untuk menjawab pesan hingga pesan kadaluarsa. jika ada orang yang membalas maka, akan kembali ke 24 jam dimulai dari pesan terakhir diterima. sehingga ini memberikan kontrol penuh kepada konsumen untuk dapat berkomunikasi, jika mereka tidak ingin berkomunikasi kembali.

  • Broadcast messages

Broadcast messages harus mengikuti pedoman template dan dibutuhkan persetujuan dari WhatsApp sebelum dikirim untuk melindungi penerima dari spam. kabar baiknya adalah tidak seperti pada WhatsApp Business, menggunakan API Anda dapat mengirim pesan broadcast ke banyak kontak tanpa harus menyimpan nomor Anda untuk dapat menerima pesan.

  • WhatsApp Groups

Melalui  WhatsApp Business API, Anda dapat membuat dan mengelola group chat, tetapi Anda tidak dapat menjadi peserta di dalam group. dan juga kontak member harus di undang melalui sebuah link khusus untuk dapat bergabung, Anda tidak dapat menambahkan nomor ke group seperti halnya pada akun WhatsApp Business, ini berguna untuk melindungi irang dari spam dan pesan yang tidak diminta.

Dari memahami perbedaan dari ketiganya Anda dapat menentukan mana pilihan terbaik bagi kebutuhan bisnis Anda, sebagai tool broadcast yang mudah digunakan, Wazapbro memberikan kemudahan dan keleluasaan untuk memasarkan produk dengan menggunakan solusi WhatsApp Broadcast, jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan dan berkonsultasi dengan marketing kami. silakan hubungi kami untuk mendapatkan solusi dari kami melalui link : https://wazapbro.com/dapatkan-akun

 

Leave a Comment

id Indonesian
X